Hari Ulang Tahun Desa Solam Raya ke -37, Ini Pesan Bupati Sintang

WARTASINTANG.COM - Desa Solam Raya merupakan salah satu desa transmigrasi yang sudah dimekarkan sejak 37 tahun yang lalu. Desa ini terkenal karena pembibitan ikannya yang sudah terkenal se-Kabupaten Sintang sehingga desa ini ditunjuk menjadi desa program P2 MAS (Program Pengembangan Ekonomi Masyarakat).

Dan bertepatan dengan hari jadi Desa Solam Raya yang ke-37, Bupati Jarot bersama rombongan hadir untuk mengikuti acara perayaan ulang tahun desa ini. Dalam sambutannya Jarot menyampaikan Desa Solam Raya memiliki ciri khas dan keunggulan tersendiri dalam usianya yang sudah menginjak usia 37 tahun.

Perayaan ulang tahun ini dilakukan di lapangan sepak bola desa Solam Raya pada hari Sabtu siang, (05/10/2019) dengan tema “Mari Satukan Tekad, Bangun Semangat, Menuju Masyarakat yang Madani dan Bermartabat."

Dalam kesempatan ini semua hadirin disajikan penampilan tarian kuda lumping yang dipersembahkan anak –anak dari desa Solam Raya. Persembahan Tarian kuda lumping ini merupakan tradisi yang setiap tahunnya digelar untuk menyambut dan merayakan hari ulang tahun desa Solam Raya. Perayaan ini diakhiri dengan acara potong nasi tumpeng oleh Bupati Jarot menandakan secara seremonial bahwa hari ulang tahun desa Solam Raya telah dilaksanakan dan wujud syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa.

Dalam kesempatan ini Jarot mengajak masyarakat Solam Raya untuk menumbuhkan rasa membangun, “Mari kita saling menghargai, saling menahan diri saling mengayomi sesama masyarakat dan menjadi desa yang lebih maju lagi," kata Jarot.

“Kita harus kerja keras untuk bisa bersatu dalam memajukan desa, dengan cara membuat program–program desa yang mampu membangun desa, dengan membangun kita akan bersatu baik membangun lewat kesenian, lewat budaya, maupun lewat olah raga,” tutur Jarot. (*)