Bupati Sintang Apresiasi Kegiatan Simulasi Penanggulangan Krisis Kesehatan


WARTASINTANG.COM - Dinas Kesehatan Sintang melakukan simulasi penanggulangan krisis kesehatan kebakaran hutan dan lahan. Kegiatan simulasi ini dilakukan di lapangan terbang lama - Bandara Susilo, Jalan M.T. Haryono, Sintang (31/10/19).

Dalam kegiatan ini Kepala Dinas Kesehatan Sintang, Harysinto Linoh menjelaskan bahwa kegiatan ini bertujuan membentuk tim yang terlatih untuk menanggulangi krisis kesehatan di kota Sintang. Dan tim ini tidak hanya dilatih untuk menanggulangi kebakaran hutan dan lahan saja.

“Kita menangani bencana banjir, krisis kejadian Luar Biasa seperti penyakit rabies lainnya, tapi hari ini kita fokuskan untuk penanganan krisis kesehatan asap dari kebakaran hutan dan lahan,” tutur Sinto.

Kegiatan ini mendapat sambutan positif dari Bupati Jarot. Menurut Jarot kegiatan ini penting guna memastikan kondisi udara di Sintang bersih dan sehat tidak seperti waktu bencana asap kemarin. Syukurnya saat ini kondisi udara di Sintang sudah bersih.

“Kita patut bersyukur, hari ini kita menikmati udara yang bersih, karena hari ini juga saudara kita di kota lain masih menghirup udara yang tidak sehat, standar pencemaran udara mencapai 156 partikulat meter, sehingga kita di Sintang ini patutlah bersyukur karena udara bebas dari asap kebakaran hutan dan lahan,” kata Jarot.

Bupati Sintang mengingatkan kembali bahwa dampak asap yang terjadi beberapa waktu lalu tidak hanya membuat kualitas udara tidak sehat tetapi juga berdampak ke hal lain juga seperti, sekolah kita liburkan, penerbangan dibatalkan, jarak pandang terbatas, bahkan ada juga kecelakaan lalu lintas yang terjadi.

Jadi Bupati Sintang memberikan apresiasi atas terselenggaranya kegiatan simulasi penanggulangan krisis kesehatan yang dilaksanakan oleh Dinkes Sintang ini. (*)