Jarot Winarno Hadiri Kegiatan Jumat Bersih di Pasar Junjung Buih dan Sepanjang Taman Bungur

WARTASINTANG.COM - Guna mewujudkan Kota Berseri Pemerintah kabupaten Sintang melaksanakan kegiatan Jumat Bersih di Pasar Junjung Buih sepanjang tepi Sungai Kapuas sampai dengan Taman Bungur depan Pendopo Rumah Jabatan Bupati Sintang yang secara langsung dihadiri Bupati Sintang dr.H. Jarot Winarno,M.Med.PH sekaligus membuka  kegiatan, didampingi Sekretaris Daerah Kabupaten Sintang Dra. Yosepha  Hasnah,M.Si, Komandan Kodim 1205 Sintang Letkol Infanteri Rachmad Basuki, Kapolres Sintang AKBP Adhe Hariadi, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Sintang dr. Harysinto Linoh, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Sintang Akhmad Darmanata, serta beberapa OPD pada hari ini Jumat, 27/09/2019.

Pada kata sambutannya saat membuka acara kegiatan Jumat bersih Bupati Sintang dr.H. Jarot Winarno,M.Med.PH  mengatakan, kegiatan Jumat bersih ini sudah merupakan kegiatan rutin yang dilaksanakan Pemerintah kabupaten Sintang atas kreasi Sekretaris Daerah Kabupaten Sintang Dra. Yosepha  Hasnah,M.Si, “Kebersihan merupakan salah satu bagian dari pada iman, dan saya bangga dengan anak-anak komunitas cinta lingkungan yang terdiri dari siswa dan siswi SMP dan SMA didaerah ini yang sangat peduli terhadap kebersihan di Kota Sintang, mereka memilki ide mandiri dan mengajak bersama-sama Pemerintah Kabupaten Sintang untuk melaksanakan kegiatan terpuji Jumat bersih ini,” jelas Jarot.

Dalam kesempatan tersebut Bupati Sintang dr.H. Jarot Winarno,M.Med.PH juga menyatakan, salut atas perjuangan masyarakat sipil yang ada di berbagai tempat di Indonesia, bisa menyampaikan aspirasinya  dengan lancar, dengan baik , dan ribuan orang yang turun kejalan tersebut tidak ditunggangi dengan kepentingan-kepentingan lain, dan tidak mengarah kekegiatan yang anarkis.

”Tapi saya bangga dengan kalian di Sintang sebagai pemuda yang tergabung dalam Komunitas peduli lingkungan dan sebagai pelajar, energy positif kalian terwujud  untuk melawan sampah sungguh sangat luar biasa, dan hari  ini Jumat, 27/09/2019 pagi  kita  memberikan tauladan, kita bersihkan sampah kita  terutama sampah-sampah yang sulit didaur lagi, seperti sampah plastik dan sebagainya,” tegas Jarot Winarno.

Sementara itu, salah seorang peserta kegiatan Jumat Bersih pelajar MAN 1 Sintang Erika mengatakan,  bahwa kegiatan Jumat bersih ini dinilai sangat positif memberikan contoh tauladan kepada para siswa termasuk masyarakat agar selalu menjaga kebersihan dilingkungannya, dengan membuang sampah pada tempatnya, ”Saya sebagai pelajar mengharapkan kegiatan bersih-bersih semacam ini, sering-sering dilakukan, untuk memberikan contoh kepada masyarakat.”

Dalam kesempatan tersebut Ketua Panitia Pelaksana kegiatan Jumat Bersih yang juga menjabat Sekretaris Dinas Lingkungan Hidup kabupaten Sintang Lili Suryani mengatakan, kegiatan Jumat bersih yang  dilaksanakan hari ini Jumat, 27/09/2019 pagi dengan sasaran empat titik yaitu, Pasar Sayur Junjung Buih, Taman Bungur 1, Taman Bungur 2, Taman Alul- Alun depan kantor Bupati Sintang, depan RS Ade Muhammad Djoen Sintang, dengan melibatkan sekitar lima ribu peserta yang terdiri dari pelajar SMP dan SMA serta  gabungan komunitas Peduli Lingkungan Kabupaten Sintang.