Jarot Winarno Buka Lomba Pawai Obor Menyambut Tahun Baru Islam 1 Muharam 1441 Hijriah PHBI Kabupaten Sintang

WARTASINTANG.COM - Dalam rangka memeriahkan Tahun Baru Islam 1 Muharam 1441 Hijriah Panitia Hari Besar Islam (PHBI) Kabupaten Sintang hari ini Sabtu, 31/08/2019 pada pukul 19.30 WIB melaksanakan Lomba Pawai Obor di Depan Pendopo Bupati Sintang yang secara langsung dibuka Bupati Sintang dr.H. Jarot Winarno,M.Med.PH sekaligus menghadiri acara tersebut.

Pada Lomba Pawai Obor menyambut Tahun Baru Islam 1 Muharam 1441 Hijriah PHBI Kabupaten Sintang yang secara langsung dibuka Bupati Sintang dr.H. Jarot Winarno,M.Med.PH tersebut, juga dihadiri Kapolres, Dandim 1205 Sintang, Forkopimda, OPD, Ketua Majelis Ulama, Ketua dan Pengurus Ormas Islam, Ketua PHBI Kabupaten Sintang, para Kepala Sekolah, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat serta para undangan.

Dalam kata sambutannya Bupati Sintang dr.H. Jarot Winarno,M.Med.PH mengatakan, pada peringatan Tahun baru Islam ini kita intropeksi diri agar bisa lebih baik lagi dari tahun-tahun sebelumnya, "Itu utamanya hikmah dari apa yang kita rayakan pada malam hari ini”.

“Diberbagai tempat beragam kegiatan diselenggarakan ada yang disebut dengan suroan, ada pawai benda-benda kraton, ada yang menyelenggarakan doa akhir dan awal tahun berbagai macam kegiatan, dan kita di Sintang menyelengarakan dengan lomba pawai obor, dan satu hal penting yang kita petik dari tahun baru ini adalah penetapan mulanya penanggalan Islam ini pada jamannya Halifah Umar Bin Khatab, kemudian dimulainya dipilihnya awal tahun ini menandai hijrahnya Nabi Muhammad SAW dari Mekah ke Madinah dan Kemudian di Madinah mendirikan pemerintahan Islam yang Rahmatan Niralamin yang mengayomi seluruh masyarakat dari berbagai suku  dan komponen bangsa yang ada”, tegas Jarot Winarno.

Selain itu, Bupati Sintang dr.H. Jarot Winarno,M.Med.PH juga menjelaskan, peringatan Hari Besar Islam ini, mengenang peristiwa tersebut, membiasakan kita mempergunakan penanggalan muslim dan yang terpenting adalah agama Islam ini, Rahmatan Niralamin.

Sementara itu, Ketua Panitia Pelaksana Lomba Pawai Obor Haji Anang Nurkholis mengatakan, bahwa lomba Pawai obor yang dilaksanakan ini, sebagai salah satu sarana siar Islam dalam rangka memasuki tahun baru Islam 1441 hijriah, memperkuat ukuwah Islamiah kita, dan memperkuat silaturahmi kita terutama dikalangan generasi muda Islam  yang mana untuk mengemban estafet  generasi muda  Islam kedepannya.

“Kegiatan Pawai obor ini diikuti sebanyak tiga puluh empat regu, dan setiap regu ada sebanyak dua puluh satu orang, sehingga dengan jumlah keseluruhannya adalah enam ratus empat puluh enam orang, dan setiap regu terdiri dari utusan sekolah SMP, MTs, MA, SMA dan SMK serta Remaja Masjid dan Ibu-Ibu Majelis Taklim di lingkungan masjid sekitar kota Sintang”, jelas  Haji Anang Murkholis.