Diundang HITAM PUTIH Hingga Disorot Media Asing, Aksi Heroik Febrian Alia Siswi Kalbar Kejar Jambret

WARTASINTANG.COM - Baru-baru ini keberanian siswi cantik asal Kalimantan Barat Febrian Alia mengejar jambret ternyata saat ini menjadi fenomenal.

Kisahnya yang viral ini tak hanya ternyata mampu menarik perhatian tim HITAM PUTIH TRANS7 namun juga hingga menjadi pemberitaan portal media luar negeri.

Kisah Alia ini berawal dari kasus jambret di Jalan Sui Raya Dalam, Kecamatan Sui Raya, Kabupaten Kubu Raya (KKR), Kalimantan Barat (Kalbar), Jumat (22/2/2019) siang WIB lalu.

Dalam acara HITAM PUTIH TRANS7 yang dipandu Deddy Corbuzier dengan mendatangkan langsung Febrian Alia, korban dalam peristiwa viral tersebut.

Gadis cantik ini menjadi tamu pertama dalam acara HITAM PUTIH live TRANS7 edisi, Kamis (28/2/2019) malam WIB.

Ternyata dari penelusuran tribunpontianak.co.id, tak hanya portal berita nasional saja, namun sejumlah portal luar negeri turut memberitakan kisah Alia ini.

Sebut saja, nextshark.com yang memberitakannya dengan judul 'Badass Indonesian Teen Sl‌a‌ms into Th‌ief‌ With Motorcycle After He S‌te‌al‌s Her Phone'.

NextShark adalah sumber infomasi yang meliputi berita Asia America termasuk bisnis, budaya, hiburan, politik, teknologi, dan gaya hidup. Disini dibahas tentang seseorang jambret yang mengendarai sepeda motor baru-baru ini akan datang setelah berusaha untuk menyasar korbannya ini yakni Febrian Alia hingga kisahnya viral di media sosial.

Kemudian ada juga worldofbuzz.com memberitakan dengan judul 'Hardcore 14yo Girl Rams Snatch Thief With Motorbike to Get Back Stolen Phone'. worldofbuzz.com merupakan situs berita Urban English di Malaysia terkait berita Hiburan, Kehidupan, Teknologi, dan Viral. Disini dibahas, bahwa kisah di Indonesia ini seperti halnya Malaysia, jambret adalah masalah yang cukup umum.

Para oportunis licik ini biasanya akan mengendarai sepeda motor, menonton dan menunggu untuk mogok, melarikan diri dengan jarahan mereka secepat mereka muncul. Hingga diceritakanlah kisah heroik siswi asal Kalbar ini berupaya merebut ponselnya yang dicuri jambret.

Kemudian ada viraltab.news memberitakan dengan judul '15yo Girl Rams Scooter Into Thief Who Stole Her Phone'. Tak hanya itu video kejadian ini juga telah dibahas di video dailymotion dengan judul berbahasa china. 'Shǒujī bèi jié yǒngměng shàonǚ jīchē zhǎn qiǎng fěi'

Dailimotion merupakan situs berbagi video secara online yang menduduki peringkat ke dua setelah situs Youtube. Kasus jambret di Jalan Sui Raya Dalam, Kecamatan Sui Raya, Kabupaten Kubu Raya (KKR), Kalimantan Barat (Kalbar), Jumat (22/2/2019) siang WIB, ternyata mampu menarik perhatian tim HITAM PUTIH TRANS7.

Gelar wicara yang dipandu Deddy Corbuzier, mendatangkan langsung Febrian Alia, korban dalam peristiwa tersebut. Ferbira Alia menjadi tamu pertama dalam acara HITAM PUTIH live TRANS7 edisi, Kamis (28/2/2019) malam WIB.

Pada malam itu, Febrian Alia tampak cantik dengan mengenakan hijab abu-abu dan stylish. Cedera ringan pada bagian bibir saat peristiwa pekan lalu, sudah tidak tampak lagi.

Bahkan Deddy Corbuzier memuji kecantikan Febrian Alia.

Deddy pun seakan cemas atas aksi nekat Febrian.

“Kamu kan cantik, manis, masih muda. Kamu kok nekat gitu. Saya tidak membenarkan peristiwa ini loh. Jadi jangan berpikir bahwa saya membenarkan. Nanti habis ini, semua orang yang dijambret lalu ngejar. Enggak ya, jangan. Karena bahaya, kita kan tidak tahu kali aja jambretnya bawa senjata,” kata Deddy.

Di awal gelar wicara, Deddy meminta Febrian Alia menceritakan kronologi kejadian tersebut.

“Gimana ceritanya, kamu nabrak jambret! Jadi ada jambret ngambil handphone,” tanya Deddy.

“Ngambil ponsel di saku kanan,” jawab Febrian.

“Kok bisa handphone diambil di saku kanan, kan tangan harus masuk-masuk? Kan ada di saku, trus gimana ngambilnya?” tanya Deddy kembali.

Febrian tidak mengetahui secara detail bagaimana penjambret mengambil ponsel dari sakunya, karena waktu begitu cepat. “Terus langsung saya kejar. Tabrak dari belakang,” kata Febrian.

Deddy pun tidak membenarkan hal tersebut karena sangat berbahaya dan mengancam keselamatan jiwa. “Kamu kelas 1 SMA, kok kamu berani ngejar jambret sih? Terus atas kejadian ini orangtua enggak marah? Saya tidak membenarkan ini, tapi ini sudah kejadian,” kata Deddy.

Febrian pun mengakui hal itu dia lakukan spontan demi merebut kembali ponselnya. “Ini spontan. Mengetahui aksi saya, orangtua marah, dan meminta lain kali kalau dijambret tidak usah dikejar,” kata Febrian.

Cuplikan gelar wicara bersama Febrian di HITAM PUTIH Trans7 di-posting di akun YouTube TRANS7 OFFICIAL berjudul “VIRAL, Siswi SMA Tabrak Pelaku Jambret | HITAM PUTIH (28/02/19) Part 2"  

Polisi Tembak Tersangka

Seorang pelaku pencurian dengan kekerasan (Jambret) berinisial KY (37), yang nekat merampas Hp dari tangan korban bernama Febrian Alia, Jumat (22/2/2019) sekitar pukul 11.00 WIB, dihadiahi timah panas oleh kepolisian.

KY di beri tembakan terukur dibagian kaki kanannya oleh kepolisian lantaran tidak kooperatif, dan selanjutnya dibawa ke RS Bhayangkara Anton Sojarwo untuk diberikan penangan medis. Usai diberi penanganan medis di RS Bhayangkara Anton Soejarwo, KY yang saat itu mengunakan kaos biru kombinasi merah dan putih bercelana jeans panjang warna biru tampak meringis menahan sakit.

KY sendiri merupakan seorang residivis yang telah dua kali masuk bui, pertama kasus pencurian helm dan divonis satu tahun kurungan, kemudian kasus curanmor juga dihukum satu tahun kurungan. Tidak mempan sering dibina di dalam Lapas. Baru keluar dari Lapas tahun 2017 silam, KY kembali beraksi dengan nekat, bahkan tercatat selama bebas dari kurungan, ia telah 6 kali tertangkap mencuri ponsel dan helm.

Terakhir Jumat pekan lalu, KY menjambret ponsel seorang siswi SMA Negeri 1 Sungai Raya beranama Febrian Alia.

Namun nahas aksinya tidak berjalan mulus, ia diamuk massa usai dikejar dan ditabrak korban hingga terjatuh dari motornya. Febrian mengejar KY dan menabrakkan motornya ke motor yang dikendarai KY yakni Vario hitam kombinasi cokelat KB 3282 MS. KY pun ditangkap warga di depan Kompleks Asabri Jalan Sungai Raya Dalam kemudian diamankan Resmob Polda Kalbar.

Kasus jambret yang dialami Febrian Alia, Siswi SMAN 1 Sui Raya sempat heboh. Rekaman video terkait kasus tersebut, selain menyebar di media sosial juga menyebar di grup percakapan WhatsApp (WA).

Dalam video tersebut, tampak seorang siswi mengalami cedera pada wajah dan ada sejumlah warga menghakimi seorang pemuda yang diduga pelaku jambret. Pemuda yang dihakimi massa itu ditarik oleh sejumlah warga sambil memukul. Sementara seorang yang mengambil video ini sambil berteriak histeris memberitahukan kalau ada peristiwa jambret.

Tak hanya itu, seorang yang merekam video dengan kamera ponsel ini meminta warga setempat untuk membawa korban ke klinik terdekat, agar mendapat pertolongan medis.

Informasi yang diperoleh, pelaku jambret ini tertangkap oleh massa di Jalan Sui Raya Dalam tepatnya di depan Kompleks Perumahan Pondok Indah Permai, Jumat (22/2/2019).

Sumber : http://pontianak.tribunnews.com